Festival Danau Sentani, Papua

Kamis, 13 Oktober 2016


Indonesia Wow Banget - Festival Danau Sentani adalah festival pariwisata tahunan yang diadakan di sekitar Danau Sentani. Festival ini diselenggarakan sejak 2007 dan telah menjadi festival tahunan dan masuk dalam kalendar pariwisata utama. Danau Sentani adalah danau terbesar di Provinsi Papua, dengan luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl.
Tour Festival Danau Sentani diselenggarakan selama lima hari, waktu penyelenggaraannya sekitar pertengahan tahun atau bulan Juni setiap tahunnya. Sebuah festival yang tentunya tidak kalah menariknya dengan festival lembah baliem ataupun festival raja ampat.




Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua dengan total penari sebanyak 500 orang, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua. Festival Danau Sentani diikuti seluruh paguyuban di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Dari masing-masing paguyuban baik dari luar Papua maupun di Papua sendiri yang turut serta dalam pagelaran tersebut menampilkan budaya tradisional, tari-tarian tradisional yang diiringi lagu daerah.

Tarian Budaya Isosolo


Pagelaran 1000 Tifa adalah pagelaran tarian yang melibatkan 1000 orang yang masing-masing orang mempermainkan alat Tifa. Alat Tifa sendiri adalah alat musik tradisional yang merupakan simbol jati diri masyarakat Papua yang tinggal di kawasan Danau Sentani. Untuk penjelasan lebih detail mengenai tarian ini, anda bisa membacanya di Tarian Gema TIfa Harmoni Kehidupan.

Berkeliling Pulau-Pulau di Danau Sentani






Danau Sentani adalah danau terbesar di Provinsi Papua. Danau ini memiliki luas sekitar 9 ribu hektar dengan gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di dalamnya. Di Danau Sentani anda bisa melihat salah satu satwa ikan endemik yang hidup di perairan ini, yaitu Ikan Hiu Gergaji. Ada sekitar 22 pulau dan sebagian besar dihuni Suku Sentani. Ada sekitar 24 kampung yang menempati Danau Sentani. Masing-masing kampung begitu unik dan memiliki tradisi masing-masing.

Kerajinan Kulit Kayu Pulau Asei


Pulau Asei merupakan pulau yang terkenal dengan masyarakatnya yang pandai membuat kerajinan dari kulit kayu. Pulau ini letaknya dekat dengan dermaga utama Danau Sentani, sehingga sering menjadi tujuan pertama para wisatawan. Untuk mengakses Pulau Asei anda bisa menggunakan kapal perahu dengan kisaran waktu perjalanan kurang lebih 5 menit. Untuk penjelasan lebih detail mengenai keindahan Pulau Asei, anda bisa membacanya di Pulau Asei, Kerajinan dan Sejarah di Tengah Danau Sentani. Sebuah catatan perjalanan Marischka Prudence seorang jurnalistik TV.




Sumber: http://www.jelajahindonesia.info/
Foto by : https://gookawemohawe.wordpress.com/page/67