Panjat Pinang - Ajang Keakraban dan Suka Cita

Minggu, 16 Oktober 2016


Indonesia Wow Banget - Panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda. Lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi.

Umumnya permainan ini dapat kita lihat pada saat perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia. Dimainkan oleh anak laki-laki berjumlah 5 orang atau ber grup.



Alat yang digunakan adalah batang pinang yang dikupas kulit batangnya dan diberi gomok binatang sehingga licin. Pada bagian puncak ditancapkan kerangka berbentuk lingkaran. Pada bagian ini diikatkan berbagai hadiah seperti buku tulis, sendal jepit, kaos, dll.


Setelah semua peralatan tersedia dan dipasangkan pada batang pinang kemudian ditancapkan di tanah ditopang hingga kokoh. Si pemain memanjat secara bergantian atau berleret-leret sampai 5 orang berupaya untuk mendapat benda yang digantungkan dibagian atas tersebut. Namun sering melorot ke bawah karena licin. Siapa yang banyak mendapatkan haidah itulah pemenangnya.


Sebagian besar masyarakat Indonesia percaya permainan panjat pinang adalah tantangan pendidikan yang mengajarkan orang untuk bekerja sama dan bekerja keras dalam mencapai tujuan mereka, ada orang-orang yang mengatakan Panjat Pinang adalah sesuatu yang merendahkan dan mengirimkan salah jenis pesan untuk pemuda Indonesia. Ada juga isu lingkungan mengurangi sejumlah besar pohon pinang untuk suatu perayaan hedonistik. Apapun kontroversi yang ada panjat pinang selalu menjadi tradisi yang unik di negara Indonesia.