Kota Penghasil Bunga Terbesar Di Indonesia

Sabtu, 15 Oktober 2016

Daerah Penghasil Bunga di Indonesia

Indonesia Wow Banget - Anda tidak perlu keluar banyak uang dan pergi jauh-jauh pelesir ke Belanda atau Turki untuk melihat cantiknya bunga-bunga bermekaran. Karena di tanah kita sendiri, berhamburan bunga-bunga cantik yang layak dinikmati keindahannya.

Tomohon, Manado 


Sudah tentu jenis bunganya berbeda, tapi lihat saja sendiri, sama cantiknya, kok. Kondisi tanah daerah Tomohon yang sangat subur, menjadikannya wilayah yang cocok untuk bercocok tanam berbagai bunga. Sampai-sampai, di sini diadakan festival bunga yang disebut dengan Tomohon International Flower Festival (TIFF). Kemeriahan acara ini bisa Anda saksikan di sekitar bulan Juni dan Juli. Anda akan menyaksikan parade bunga di jalanan kota juga pagelaran seni dan budaya. Malahan, katanya ada kontes ratu bunga segala, loh. Mari, melancong ke Manado!



Selain berkunjung menikmati bunga yang bermekaran, Anda juga bisa berjalan-jalan menikmati sejuknya udara di sekitar pegunungan, bahkan menyaksikan gunung merapi yang masih aktif, yaitu gunung Lokon dan Mahawu.

Cibodas


Selain keindahan dan kesejukan Alamnya, karena Kebun Raya ini termasuk Botanical Garden, sehingga Kebun Raya Cibodas didukung oleh koleksi pepohonannya yang banyak sekali jenis dan variannya. Di sini tersimpan koleksi ratusan pepohonan baik yang tua maupun pepohonan muda. Tercatat 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis hidup disini.


Jika Anda berkunjung ke rumah kaca yang ada di kebun Raya Cibodas, anda bisa melihat beragam jenis kaktus, anggrek dan tanaman langka yang beraneka ragam. Ada hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini. Luar biasa bukan?


Beberapa lokasi yang paling diminati pengunjung selain rumah kaca (green house) adalah Jalan Araucaria (auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas, Sungai, lokasi lanskap, kebun pohon sakura, air mancur, danau dan yang paling penting semuanya terbalut dalam konsep taman hijau yang indah dan menyejukan. Sangat cocok sebagai liburan keluarga atau kumpul komunitas. Dan tak lupa disana pun ada tempat menyewa kuda, sehingga Anda bisa menikmati keindahannya sambil berkuda.

Takengon


Di Takengon, Aceh Tengah, Anda bakal menjumpai bunga mawar di mana-mana. Mulai dari yang tumbuh liar hingga yang memang dikembangbiakkan oleh masyarakatnya. Mulai dari pinggir jalan, hingga ke rumah-rumah penduduk, semua ditumbuhi oleh mawar yang cantik. Selain bunga mawar, banyak pula bunga dahlia.



Bayangkan, duduk-duduk menikmati cantiknya kembang bermerkaran, ditemani dengan secangkir kopi khas Aceh yang nikmat. Hmmmm!
Image: igsta


Kota Batu


Judulnya, sih, boleh saja ‘kota batu’, tapi nyatanya tanah di sini begitu subur. Salah satu buktinya adalah anggrek punten. Beragam jenis anggrek tumbuh subur. Bahkan desa Punten- Bumiaji ini, mampu menjadi pemasok anggrek hingga ke berbagai daerah, seperti Bandung, Jogjakarta, Malang, hingga ke luar negeri. Selain anggrek, banyak juga bunga mawar yang tumbuh di daerah Gunungsari. Mawar yang tersedia di sini, dibagi menjadi tiga jenis, yaitu mawar Holland, mawar Singapura dan mawar India.
Image: rynari

Cianjur


Berlibur ke taman bunga mungkin terlihat sebagai liburan yang biasa. Namun jika kalian berkunjung ke Taman Bunga Nusantara yang berada di Cianjur ini, liburan kalian akan menjadi luar biasa. Hamparan bunga berwarna-warni di Taman Bunga Nusantara yang di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi ini akan menyihir kalian. Apalagi lokasinya enggak begitu jauh dari kawasan Puncak.


Areal Taman Bunga Nusantara yang seluas 35 hektare ini tidak akan membuat kalian bosan. Apalagi taman disini dibagi menjadi beberapa bagian dengan konsep yang tematik. Ada Taman Air, Taman Labirin, serta Rumah Kaca. Indahnya dekorasi dan kumpulan bunga di Taman Bunga Nusantara yang asri membuat tempat ini menjadi salah tempat favorit untuk prewedding di Cianjur.